10 Aplikasi Android yang Membuat HP Lemot

10 Aplikasi Android yang Membuat HP Lemot

Aplikasi Android yang Membuat HP Lemot - Mengapa smartphone yang anda gunakan punya umur baterai yang cepat sekali berkurang? Atau bahkan anda bingung kenapa HP yang anda gunakan terkadang tidak gesit dan tersendat ketika digunakan? Bisa jadi penyebab utamanya adalah aplikasi yang anda install.

AVG sebagai salah perusahaan keamanan terbesar di dunia mengeluarkan laporan mengenai aplikasi Android apa saja sih yang ternyata memiliki peran penting dalam menurunkan performa dari HP yang anda gunakan. Performa disini meliputi baterai yang lekas habis dan RAM yang terkuras akibat aplikasi tersebut. Berikut ini akan saya tampilkan 10 aplikasi Android yang bisa bikin HP anda lemot dari semenjak pertama kali dinyalakan.

10 Aplikasi Android yang Bikin Lemot Saat Startup

10 Aplikasi Android yang Bikin Lemot Saat Startup


1. Facebook

Di urutan pertama ada aplikasi resmi media sosial milik Facebook. Pada laporan sebelumnya yang juga pernah dikeluarkan oleh AVG, aplikasi ini juga menduduki posisi atas dalam hal boros performa. Tampaknya, ia belum mau menyerahkan tahtanya ke aplikasi lain nih.

2. Google Play Service

Ini dia satu-satunya produk Google yang masuk list. Tidak heran sih Google Play Service turut memberikan andil dalam menghisap performa smartphone karena fungsinya yang luas dan memang dibutuhkan oleh banyak sekali aplikasi lainnya

3. BBM

Dari pertama BBM diterbitkan untuk Android, ia sudah mengalami banyak sekali komplain mengenai performa, khususnya dalam hal pemakaian RAM yang besar dan baterai yang lebih cepat habis.

4. Instagram

Di urutan keempat ada Instagram, dan lagi-lagi produk dari Facebook muncul kembali. Bagi anda yang belum tahu, Instagram kini dimiliki oleh Facebook dan sebenarnya sebelum diakuisisi oleh mereka pun Instagram mungkin memang sudah kurang baik dalam hal performa.

5. Facebook Messenger

Aplikasi lainnya milik Facebook yang buruk dalam hal performa adalah Facebook Messenger. Menyusul nasib dari aplikasi messaging lainnya, ternyata Facebook berbakat ya dalam hal menurunkan performa HP.

6. ChatON Voice & Video Chat

Cukup mengejutkan bahwa aplikasi ini masih hadir di ranking terburuk dalam hal performa, mengingat proyeknya sudah lama dihentikan. ChatON merupakan aplikasi messaging milik Samsung yang ditutup pada awal tahun 2015 karena kalah bersaing dengan aplikasi messaging lainnya.

7. Facebook Pages Manager

Aplikasi Facebook Pages Manager khusus dirancang bagi anda yang memiliki fan page di Facebook dan ingin mengaturnya melalui Android. Ia rupanya menghadirkan gangguan terhadap performa dan mungkin itu salah satu penyebab rating-nya di Google Play Store menurun.

8. The Weather Channel

Aplikasi The Weather Channel khusus menyediakan prakiraan cuaca, berikut widget yang dapat dihadirkan di halaman utama HP anda. Tampilannya yang cakep banget mungkin yang membuatnya boros terhadap performa, mulai dari RAM hingga baterai yang lekas terkuras.


9. KakaoTalk

KakaoTalk. Lagi-lagi aplikasi messaging muncul di daftar ini. Seiring dengan penggunanya yang menurun di Indonesia, KakaoTalk ternyata hadir di ranking atas dalam membuat lemot pengguna Android ya. Apakah anda sebagai penggunanya merasakan hal tersebut?

10. WhatsApp Messenger

Sebagai pembuka, ada WhatsApp Messenger yang menjadi salah satu dari 10 aplikasi terlemot saat startup. Aplikasi chat yang populer dengan tampilannya yang serba hijau tersebut rupanya meskipun memiliki fitur yang sederhana, namun ternyata menyedot performa yang besar lho.

Selain aplikasi paling lemot saat startup di atas, ada juga list mengenai 10 aplikasi paling lemot ketika dibuka. Apakah anda bisa menebaknya? Ini dia list-nya.
  • Microsoft Outlook
  • Amazon Shopping (Global)
  • BBC News
  • Netflix
  • Samsung WatchON (Video)
  • Clean Master (Boost & AppLock)
  • LINE: Free Calls & Messages
  • Spotify Music
  • Amazon Shopping UK
  • Snapchat

Okeh, jadi sekarang anda tahu kan aplikasi Android apa saja nih yang bikin HP anda makin loyo dan tidak bertenaga. Jika anda masih membutuhkannya, ya silakan dipertahankan. Akan tetapi jika anda tidak menggunakannya lagi, maka gak ada alasan lagi deh aplikasi tersebut masih bertengger di Android. Daripada menguras performa smartphone anda kan?

Source: jalantikus.com



2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Mantap, artikel yg sngat membantu...

    BalasHapus

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top