4 Hal Berbahaya Saat Charge HP

4 Hal Berbahaya Saat Charge HP

Mengisi baterai handphone atau Charge adalah moment kita tidak bisa leluasa memakai hp atau android anda karena alasannya handphone sedang di cas baterainya.  Pada artikel Kali ini saya akan memberikan tips yg wajib tidak dilakukan saat sedang men-charge ponsel anda.

4 Hal Berbahaya Saat Charge HP

4 Hal Berbahaya Saat Charge HP


1. Jangan menunggu baterai lemah sampai 0%

Semua baterai ponsel pasti memiliki batasan charge cycle. Jika anda memakai smartphone sampai baterainya 0% kemungkinan baterai yang anda gunakan akan menurun performanya.

Rata-rata charge cycle sebuah batre kira-kira sekitar 1000 sampai 2500 dalam  keadaan setiap kali mengisi maksimal baterai sampai tersisa 25%. Rata-rata ketika sisa baterai 0% maka charge cycle hanya sekitar 300 - 500 . Jadi ada baiknya ketika baterai anda sudah 30%, sebaiknya cepat-cepat charge baterai ponsel yang anda gunakan.


2. Jangan mengisi baterai semalaman

Rata-rata orang jaman sekarang kalau main hp sampai larut malam, lalu tidur sambil mengisi baterai hp-nya, tujuannya ketika bangun pagi maka bisa dipakai lagi. Dengan budaya melakukan charge semalaman, maka secara tidak sadar baterai yang anda pakai bisa melebihi kapasitas. Hati-hati jangan sepelekan itu karena ada beberapa kejadian yang bisa menimbulkan panas dan otomatis meledak.

3. Jangan mengisi baterai HP memakai charger bajakan

Memakai charger bajakan tidak dapat ada jaminan baterai dan hp anda aman. Selain kualitas yang masih diragukan, hasil output dari charger bajakan juga biasanya gak akan sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Contohnya tertulis di batre hp"output 3A tetapi aslinya bisa dibawah 3A".

4. Jangan charge hp di atas kasur atau tempat empuk

Sambil menunggu charger, hp ditaruh diatas kasur atau kursi yang empuk sebenarnya itu berbahaya dan berdampak buruk. Panas yg dihasilkan ketika sedang mengisi baterai akan semakin bertambah ketika berada di tempat yang empuk. Sebaiknya Isi baterai ponsel anda di tempat yg keras, contonya seperti meja atau lantai.


Kesimpulannya, apakah anda ingin aman menggunakan handphone yang anda gunakan, memang sih hp menjadi kebutuhan sehari-hari, akan tetapi anda harus perhatikan juga dampak buruk dari handphone tersebut. Intinya jika handphone anda ingin awet dan jauh dari bahaya menggunakan hp, silakan lakukan 4 tips diatas. semoga bermanfaat!



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top