Musik Asik Sunda: D'Bozeg Ben Edun asal ciamis

Musik Asik Sunda: D'Bozeg Ben Edun asal ciamis

Ludi Kameswara pemilik KAMESWARA ART STUDIO membuat konsep BEN SUNDA disamping terinspirasi oleh keberadaan Band Sunda seperti NADA KENCANA (1960) bahkan grup Band Rock seperti PARAMOUR Band (1970 mengiringi Alm Upit Sarimanah dengan “Bajing Luncat”nya) ZAENAL COMBO dengan album alm Tati Saleh (Hariring Kuring) dan sebagainya, juga keinginan menyeruak di pasar musik dengan mengangkat bahasa daerah minimal budak sunda “ingeteun ka bahasa indung”.

D'Bozeg

Konsep D’BOZEG Ben Edun adalah format Band jenaka beranjak dari salah satu ciri khas “urang sunda” yang senang ngabojeg (bojeg = bercanda ria) dan “tatalu” musik yang perkusif dengan beat “igel” mengusung semua jenis irama. Lirik berbahasa “indung” Jawa Barat yaitu bahasa sunda, menceritakan kehidupan keseharian yang terjadi di masyarakat secara apa adanya tanpa bermaksud menyindir/menyinggung siapapun juga karena ini total berniat hanya untuk hiburan semata.

Penyanyi direkrut sengaja dari yang “bukan dari penyanyi”, selain terdengar natural apa adanya juga mewakili siapapun juga yang ingin “ngahaleuang” meski bukan penyanyi. Tak heran apabila terdengar “ngengkreng” dan fals itulah ciri khas D’BOZEG Ben Edun, hehe... sesuai dengan maksud “menyumbangkan” lagu, jadi kalau ga sumbang itu bukan D’BOZEG Ben Edun. Musik dan aransemen digarap oleh HARI AJ dan Kikiludi sebagaimana ciri lagu kocak maka musik harus kuat sebagai penyeimbang.

2007 Album perdana dirilis Alhamdulillah sambutan cukup baik dan di 2011 ini dirilis Album D’BOZEG PUL EDISIEN berisi belasan lagu baru dan bonus beberapa lagu Album pertama. Personal D’BOZEG Ben Edun menganut siapa saja yang mau ikut gabung sebagai penampil kecuali Vokal utama Pidin dan Gin Bassis yang juga sebagai komandan, tercatat Adun Vokal, Yoga Drum, Dudi Akew gitar, Fajar Gitar, Ibe Gitar, Andang Gitar, Gria keyboard, Q-Dong Vokal dan Aco kendang.

Video D’BOZEG Ben Edun dibuat sebagai “klip-klipan pipideoan” oleh INDRA BUDIMAN yang bersifat menghibur dan itung-itung promo RBT. Lagu-lagu D’BOZEG Ben Edun telah lama bisa didapatkan RBTnya, silakan dukung seperti RBT AYA NAON NELEPON yang berhasil menembus ratusan ribu download dan kini telah rilis pula HALOLOLOW, Goceng Euy dsb.

D'BOZEG BEN EDUN adalah salah satu grup musik bergenre budaya sunda, Grup band yang berasal dari ciamis ini personilnya ada 8 orang, yaitu :
  1. Gin Doyok (Bass)
  2. Yoga (Drum)
  3. Fajar (Gitar)
  4. Dudi Akew (Gitar)
  5. Griya (Keyboard)
  6. Mang Aco (Kendang)
  7. Pidin (Vokal 1)
  8. Kidon (Vokal 2)
Tambahan satu lagi yaitu Neng Ovi yang banyak penggemarnya.hehe, Jika penasaran dengan band D'Bozeg, silakan anda cari di youtube atau klik disini : Semoga bermanfaat !





4 comments:

  1. Semoga bisa terus berkarya dan meramaikan musik indonesia. dan mengkontribusikan lagu lagu unik khas kalian

    Majalah musik

    ReplyDelete
  2. mau beli kaset na gmn ya ?

    ReplyDelete
  3. mau beli kaset na gmn ya ?

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top