5 teleskop paling besar di dunia

5 teleskop paling besar di dunia

Apakah Kamu sempat menonton atau memanfaatkan teleskop? Teleskop ialah fasilitas paling utama dalam pengamatan astronomi yg difungsikan utk memperbesar ukuran segi benda & kecerahannya. Ya, kebanyakan kita dapat perhatikan atau mencobanya di observatorium buat menyaksikan bintang.

Tapi, kalau yg sampai kini kita saksikan yaitu teleskop berukuran mungil, ada sekian banyak teleskop yg ukurannya teramat agung. Saking besar nya, teleskop-teleskop ini wujudnya menyerupai hunian atau bahkan gedung tinggi. Berikut 5 teleskop paling besar didunia, seperti dilansir dari Mental Floss.

1. Gran Telescopio Canarias

Gran Telescopio Canarias

Terletak di La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, teleskop ini yaitu teleskop paling besar di dunia bersama tinggi 10,4 meter. Teleskop ini dibangun tatkala 7 th lamanya (2002-2008) dikarenakan terletak di puncak gunung berapi 2.267 meter di atas permukaan laut.

Gran Telescopio Canarias ini mulai sejak observasi terhadap tanggal 13 Juli 2007, tetapi baru diresmikan terhadap bln Juli 2009 & dihadiri oleh lebih dari 500 astronom, petinggi negeri, & jurnalis dari Eropa juga Amerika.

Baru-baru ini, teleskop paling besar didunia ini dipakai buat mengidentifikasi lubang hitam M81 ULS-1, satu buah 'sumber ultraluminous' di galaksi spiral M81. Para ilmuwan mendeteksi lubang hitam ini lantaran karakteristiknya unik. Cuma ada satu lubang hitam dgn karakteristik sama bersama M81 ULS-1, merupakan SS433 terhadap thn 1979.

2. South African Large Telescope

South African Large Telescope

Teleskop ini ialah bidang dari observatorium astronomi di Afrika Selatan & ialah teleskop paling besar di belahan bumi Selatan. South African Large Telescope ini berada di ketinggian lebih dari 1 km di atas permukaan laut di Propinsi Cape. tidak cuma negeri Afrika, tetapi teleskop ini pun dijalankan oleh konsorsium internasional dari Amerika, Jerman, Polandia, India, Inggris, & Selandia Baru.

Para astronom sukses menemukan satu buah lubang hitam pula bersama teleskop ini di pusat galaksi SAGE0536AGN. Lubang hitam ini memiliki ukuran 30 kali lebih akbar dari apa yg diinginkan. Massa lubang hitam ini 350 juta kali lebih gede dari matahari & 100 kali lebih agung dari yg ada di pusat Galaksi Bima Sakti.

3. Keck I dan Keck II

Keck I dan Keck II

Teleskop Keck bersama tinggi 10 meter ini berada di observatorium Keck, dekat puncak Mauna Kea di Hawaii, AS. Teleskop gede Keck II ini menopang mengungkap lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti terhadap thn 2004, yg adalah penemuan bagus di sektor astronomi.

Baru-baru ini, teleskop Keck pula meringankan menemukan kluster galaksi masif yg jauh bersama bintang-bintang baru. Ke-2 teleskop ini mempunyai cermin primer 10 meter, terbesar didunia astronomi. Kombinasi wujud, optik gede, & instrumen inovatif sudah membuat 2 teleskop yg paling produktif di Bumi.

4. Teleskop Hobby-Eberly

Teleskop Hobby-Eberly

Teleskop yg baru direnovasi ini terletak di University of Texas McDonald Observatory di Fort Davis, Texas. Teleskop optik paling besar ke3 didunia ini diperlukan buat mengukur lubang hitam terbesar yg sempat ditemukan Teleskop yg dibuat terhadap thn 1994 sampai 1997 ini memiliki ruangan utk visitor buat berwisata bersama menyaksikan teleskop akbar ini. Ada serta program buat menonton bintang tiga kali dalam seminggu.

5. ESO very large Telescope

ESO very large Telescope

European Southern Observatory (ESO) teleskop ini berada di observatorium Paranal, Chili. Teleskop ini terdiri dari 4 satuan teleskop, masing-masing berukuran 8,2 meter. Ada pun 4 teleskop penambahan setinggi 1,8 meter yg bekerja dgn buat menempa ESO very large Telescope.

Teleskop yg perdana diperlukan terhadap th 1998 ini, dapat mengamati benda yg 4 miliar lebih redup dari apa yg kita saksikan bersama mata telanjang, setara dgn menyaksikan lampu mobil di Bln. ESO very large Telescope ini sukses mendapati gambar mula-mula dari satu buah planet, melacak bintang yg mengelilingi lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti, & mengamati sisa cahaya akibat ledakan sinar gamma.

Itulah 5 teleskop paling besar di dunia. Mau berkunjung?



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top