Mengenal Mesin Ball Mill dan Cara kerjanya

Mengenal Mesin Ball Mill dan Cara kerjanya

Mengenal Mesin Ball Mill dan Cara kerjanya - Apakah anda tau Mesin Ball Mill? Mesin Ball Mill adalah mesin yang dipakai untuk menghancurkan atau melumatkan suatu benda material dan dijadikan partikel-partikel kecil dan menjadikan dalam bentuk bubuk yang sangat halus dengan bantuan seperti bola yang menggelinding dan dalam tabung yang terus menerus berputar yang waktunya sudah diatur atau di setting dari orang yang mengoprasikan alat Mesin Ball Mill tersebut.

Ball Mill

Dalam menggunakannya mesin ball mill ini biasa dipakai buat industri yg tergolong besar dengan produksi bahan seperti semen, besi,baja, galangan batu, kaca, pupuk, porselen, bahan yang mempunyai ketahan api & bahan-bahan kimia lainnya yg mempunyai tingkat kekerasan tinggi yang hanya cocok jika dihancurkan menggunakan alat seperti Mesin Ball Mill. Tapi, dalam industri skala kecil terkadang alat ini juga dipake juga kok, walaupun memiliki ukuran yang lebih kecil. Nah, Khusus untuk jenis yang mempunyai skala kecil nama mesin itu disebut Planetary Ball Mill. Biasanya dipakai buat memproduksi bahan-bahan yg sedikit atau bisa juga digunakan untuk uji coba tertentu. Contohnya di laboratoium untuk menguji suatu material.

Cara Kerja Mesin Ball Mill

Mesin Ball mill mempunyai bentuk yg menyerupai tabung dengan 2 bagian yg memiliki tempat menyimpan material yg berbentuk horizontal. Di dalamnya, mesin ini berfungsi pada 2 roda yg ada di kedua sisinya. Bahan-bahan keras yg mau dihancurkan secara spiral disimpan pada wadah penyimpanan pertama. Di wadah itu sudah dipasang ripple scaleboard sampai steel ball yg terdapat beragam jenis. Pada saat mesin ball mill ini dinyalakan, di bagian badan barel akan otomatis berputar. Dengan perputaran badan barel ini otomatis steel ball juga ikut bergerak dan penyebabnya adalah gaya sentrifugal yg terus terjatuh & mengakibatkan bahan keras yg ada di dalam mesin tersebut tergiling dan hancur perlahan-lahan setelah berkali-kali mengalami tumbukan.

Cara kerja mesin ball mill

Berdasarkan wadah penyimpanan yg pertama di atas, Sesudah material mengalami prosses penghancuran maka bhan hasil gilingan kemudian masuk lagi pada wadah penampungan yg ke 2. Di wadah penampungan yg ke 2 ini, bahan-bahan yang ada di wadah penampungan pertama mengalami proses penghancuran lagi dengan scaleboard sampai steel ball. Jika proses yang kedua sudah selesai maka prosesnya sudah selesai semuanya dan nanti tinggal di bawa dan di simpan di wadah penyimpanan yg lainnya biar material yg belum tergiling bisa menjalani proses selanjutnya hingga selesai.


Nah apakah anda sudah Mengenal Mesin Ball Mill dan Cara kerjanya? Jika anda sudah mengenalnya mari kita lihat artikel sebelumnya tentang Jenis Mesin Ball Mill dan Harganya. Semoga bermanfaat ya !



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top