Manfaat Asuransi dan Tipsnya

Manfaat Asuransi dan Tipsnya

Manfaat Asuransi dan Tipsnya - Sebagian besar masyarakat khususnya di negara kita pasti masih banyak yg merasa antipati bila mendengar kata Asuransi, apalagi bila ditawari untuk membeli produk asuransi, belum selesai dijelaskan pasti sudah dengan halus menolaknya. Stigma negatif mengenai asuransi ini muncul karena adanya pengalaman buruk dari pelayanan asuransi yg pernah dialami oleh pribadi ataupun dari orang lain, contohnya susahnya proses klaim manfaat asuransi, lamanya proses pencairan dana atau tidak dapat ditarikanya sebagian dana yg sudah disetor.

Manfaat Asuransi dan Tipsnya

Sebab bergerak dibidang pelayanan jasa, semua perusahaan asuransi pastinya mengupayakan buat memberikan layanan paling baik terhadap nasabahnya. Adanya keluhan nasabah atas layanan satu buah perusahaan asuransi rata rata disebabkan sebab nasabah tak mengerti & tak mendalami dengan cara baik berkenaan asuransi yg dibelinya, baik tipe product ataupun syaratnya.

Berasuransi berarti melimpahkan risiko kerugian finansial yg harusnya ditanggung oleh keluarga atau diri sendiri pada perusahaan asuransi jikalau berjalan risiko seperti kecelakaan, sakit atau cacat masih kesemuaan atau wafat.

Mengapa kita perlu berasuransi? Karena kita tidak dapat menduga atau memperkirakan kapan kita akan mengalami risiko-risiko tersebut. Contoh, saat kita tidak memiliki tabungan, tiba-tiba terjadi kecelakaan yg mengakibatkan kita harus menjalani perawatan rumah sakit, maka dengan memiliki asuransi kerugian finansial yg seharusnya kita tanggung akan menjadi tanggungan perusahan asuransi.

Ada beberapa hal yg perlu kita perhatikan sebelum memutuskan memilih sebuah produk dari perusahaan asuransi, agar tidak menyesal dikemudian hari.

1. Sesuaikan produk asuransi yg kita pilih dengan kebutuhan bukan karena terpaksa atau karena rasa tidak enak terhadap agen ataupun karena tergiur oleh penawaran hadiah dari sang agen. Pastikan agen yg mengurus asuransi kita adalah agen yg profesional, yg tidak hanya sekedar mengejar target penjualan namun yg mau dan mampu membantu dan mengurus keperluan asuransi kita kedepan.

2. Ketahui track record perusahan asuransi yg akan kita beli produknya, baik dari sisi pelayanan, penangangan klaim maupun kemampuan keuangannya dengan cara menggali informasi dari kerabat atau teman yg telah menjadi nasabah.

3. Mengingat berasuransi tidak sama dengan menabung, maka kita harus mengetahui secara pasti berapa lama masa pembayaran premi, kapan kita dapat menarik dana (bila produk yg kita ambil ada hasil investasi atau nilai tunai) dan bagaimana prosedur pencairan dananya. Karena asuransi termasuk kebutuhan jangka panjang maka sebaiknya besarnya total premi dari kesemuaan asuransi yg diambil tidak melebihi 20% penghasilan per tahun agar kondisi keuangan keluarga tidak terganggu.

4. Utk menghindari terjadinya penolakan pengajuan klaim atau pembatalan polis dengan cara sepihak oleh perusahaan asuransi lantaran ditemukan kenyataan adanya kebohongan berita terhadap waktu pengajuan asuransi, sehingga jelaskan bersama kumplit, jujur & terang berkenaan keadaan kesehatan, tugas, hobi & adat pun riwayat kesehatan keluarga kepada diwaktu pengajuan asuransi. & utk menentukan bahwa yg kita sampaikan telah tercantum terhadap surat pengajuan asuransi sehingga jangan sampai sempat menandatangani penerapan dalam keadaan kosong.

5. Tanyakan secara rinci mengenai manfaat dan ketentuan dari produk asuransi yg kita pilih. Contoh untuk produk asuransi kesehatan, ada masa tunggu dan ada ketentuan pre existing condition (kondisi yg sudah ada sebelumnya) yg sering menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh pihak perusahaan asuransi dan nasabah tidak mengetahui ketentuan tersebut pada awal pengajuan asuransi.

6. Pastikan bahwa premi terbayar rutin & tak tertunggak. Kalau premi tertunggak sehingga status polis jadi lapsed (tak aktif) & manfaat asuransi tak bakal dibayarkan. Pengaktifan kembali bakal dilakukan secara pemulihan, tapi ketetapan utk pemulihan terhadap masing-masing perusahaan asuransi berbeda-beda & rata rata sesudah pemulihan, keputusan periode berlaku, periode uji (contestable period) & periode tunggu bakal berlaku cocok tanggal pemulihan polis

7. Segera periksa dan baca dengan teliti polis berserta lampiran yg sudah terima, karena ada masa tinjau yg diberikan oleh pihak perusahaan asuransi untuk mempelajari polis beserta lampirannya, bila tidak sesuai dengan yg disampaikan oleh agen maka polis dapat dibatalkan dan premi akan dikembalikan. Premi tidak akan dikembalikan bila pembatalan polis dilakukan setelah melawati masa tinjau.

8. Berasuransilah tatkala jejaka & sehat, sebab premi atau anggaran asuransi utk umur jejaka lebih murah & pengajuannya serta lebih enteng. Memilih product yg telah dgn paket komplit, baik asuransi jiwa, kecelakaan & kesehatan yg periode bayarnya singkat tetapi bersama musim asuransi seumur hidup.


Itulah Ulasan tentang Manfaat Asuransi dan tipsnya, mudah-mudahan berguna bagi anda, semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top