Tutorial Instal Remix OS Untuk Memakai Android di PC

Tutorial Instal Remix OS Untuk Memakai Android di PC

Remix OS

Tutorial Instal Remix OS Untuk Memakai Android di PC - Android itu sangat populer sampai-sampai setiap tahunnya pasti selalu bermunculan smartphone Android terbaru yang hadir dengan aneka fitur baru. Bukan cuma smartphone saja, Aplikasi2 baru juga terus berkembang dan bermunculan untuk memudahkan pengguna Android. Tapi sayangnya, masih minim sekali komputer yang memakai sistem operasi Android.

Bisa sih anda memakai Android di PC dengan bantuan emulator seperti Bluestacks, tapi terasa berat jika di instal di komputer,apalagi jika spesifikasi pc anda kecil. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang tutorial untuk memakai Android di PC tanpa emulator.

Cara Menggunakan Android di PC Menggunakan Remix OS


Apakah anda pernah sejenak terpikir untuk memakai android sbagai sistem operasi di komputer anda? Bisa saja membeli chromebook untuk memakai android sebagai sistem operasi di komputer, tapi harga chromebook kan sangat mahal. Jadi, lebih baik anda coba instal Remix OS di komputer anda. Remix OS adalah system operasi android yg dioptimasikan untuk memberikan kemudahan menggunakan sistem android di komputer, sampai benar terintegrasi dengan mouse & keyboard yang terpasang di komputer anda. Tampilan Remix OS ini sangat mirip dengan Windows 10.


Cara Instal Remix OS di komputer


Jika anda ingin memakai Remix OS dan bisa dipakai di PC anda, ada yang wajib anda tahu & anda perlukan. Tapi perlu anda ketahui juga bahwa Remix OS hanya bisa dipakai sebagai sistem operasi yang bisa di instal melalui USB, bukan sistem operasi yang bisa langsung di pasang di Hardisk. Jadi pada saat USB dicabut, secara otomatis Remix OS pun akan hilang.

Inilah syarat yang diperlukan untuk bisa menginstal Remix OS:

  • File Remix OS. Remix OS bisa anda unduh langsung dari situs official Jide www.jide.com.
  • USB 3.0 yang memiliki kapasitas minimal 8 Giga. Perlu di ingat, anda wajib memakai USB 3.0. Alasannya karena Remix OS perlu USB yang mempunyai kecepatan minimal 20Mb/s. Ada juga hasilnya saat saya menggunakan USB 2.0 adalah stuck di flash screen Remix OS.
  • PC dengan arsitektur x86 (karena Remix OS adalah varian Android x86).
  • Memiliki kemampuan PC untuk boot dari USB.

Jika semua syarat diatas sudah siap, selanjutnya yg perlu anda lakukan adalah membuat boottable USB yang mempunyai Remix OS. Berikut adalah caranya:

  1. Silakan pasang/colok USB 3.0 yang sudah anda siapkan ke pc anda, lalu extract folder Remix OS yang sudah anda download di situs jide.
  2. Jalankan file Remix OS USB Tool.exe, lalu pada tab ISO silakan cari file RemixOS.iso yang tadi anda extract.
  3. Next pada table USB Disk, silakan anda pilih directori USB 3.0 yg anda hubungkan tadi. klik OK saja.
Proses pembuatan bootable USB membutuhkan waktu beberapa saat. Tunggu saja sampai proses selesai. Kalau sudah selesai, anda bisa langsung memakai bootable USB tersebut untuk menginstal Remix OS di komputer anda.

Cara instal bootable Remix OS di Komputer? Jika komputer anda telah bisa boot dari USB, anda langsung hubungkan bootable USB tersebut ke komputer, lalu reboot & pilih melakukan boot dari USB. Cara masuknya bisa melalui BIOS atau dengan menekan tombol Del+F2 pada saat booting, ini tergantung jenis komputer yg anda pakai.

Remix OS

Nanti hasilnya, anda akan melihat 2 pilihan seperti gambar diatas. Apakah akan booting di Guest Mode / Resident Mode. Jika masuk melalui Guest Mode, Semua aplikasi Android yg terpasang akan hilang saat anda mencabut bootable USB-nya. Sedangkan jika anda memilih Resident Mode, semua aplikasi & data akan tersimpan di USB, dan bisa digunakan di masa yang akan datang.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top